Inilah Penyakit Komplikasi Akibat Diabetes

Diabetes, penyakit yang satu ini kerap menghampiri para pecinta makanan yang manis, umumnya diabetes terjadi dikarenakan kadar gula atau glukosa dalam tubuh yang berlebih, sementara insulin di dalam tubuh produksinya terbatas, insulin sendiri berfungsi sebagai pengontrol gula dalam darah.

Diabetes umumnya terbagi menjadi 2 jenis, diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, perbedaannya pada produksi insulin. Pada diabetes tipe 1 pankreas tidak memproduksi insulin, sehingga pada diabetes tipe 1 pasien biasanya diberikan asupan insulin secara rutin setiap harinya. Diabetes tipe ini biasanya terjadi pada usia 20 tahun kebawah, walaupun tidak menutup kemungKomplikasi Diabeteskinan juga usia 20 tahun ke atas.

 

Pada diabetes tipe 2, insulin masih diproduksi oleh pankreas, hanya saja insulin yang di produksi kurang mencukupi kebutuhan, hal ini bisa terjadi karena insulin yang diproduksi memang sedikit, atau glukosa yang masuk ke tubuh terlalu banyak, sehingga mengakibatkan penyakit diabetes tipe 2.

Penyakit diabetes cukup berbahaya, karena jika dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan penyakit Komplikasi Diabetes, khususnya pada penderita diabetes yang kurang memperhatikan perawatan dan anjuran dari dokter.

Penyakit komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes antara lain :

  1. Penyakit Kardiovaskular

Penderita penyakit ini memiliki risiko cukup tinggi untuk terkena penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, dan lain-lain.

  1. Kerusakan pada organ kaki/gangrene pada kaki

Kerusakan pada kaki ini biasanya memiliki ciri kaki menghitam hingga membusuk, hal ini disebabkan karena terhambatnya aliran darah pada kaki. Efeknya kaki akan mengalami infeksi serius dikarenakan luka kecil. Salah satu gejalanya adalah luka yang tidak mau sembuh. Pada kasus yang cukup parah kaki harus di amputasi agar organ tubuh yang lain bisa terselamatkan.

  1. Kerusakan Ginjal

Hal ini disebabkan karena pembuluh darah halus yang terdapat pada ginjal tersumbat atau bocor, padahal ginjal sendiri memiliki pembuluh darah halus  cukup banyak yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah.

  1. Kerusakan Saraf

Gejalanya berupa kesemutan dari ujung tangan atau kaki, kemudian menyebar keseluruh bagian tubuh, jika kerusakan saraf ini menyerang hingga ke sistem pencernaan maka akan mengakibatkan muntah, mual, hingga diare. Kerusakan saraf ini sendiri diakibatkan dari banyaknya kadar gula dalam darah yang berlebihan.

  1. Kerusakan Mata

Kerusakan mata terutama di bagian retina bisa terjadi jika pembuluh darah pada retina mengalami masalah, hal ini juga disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Kerusakan yang terjadi pada mata bisa berupa katarak hingga kebutaan.

  1. Disfungsi Seksual

Pada pria terutama perokok, pembuluh darah yang terhambat bisa menyebabkan disfungsi seksual, sedangkan pada wanita akan menyebabkan kurangnya gairah, organ intim yang mengering, dan lain-lain.

  1. Keguguran

Diabetes pada ibu hamil atau yang disebut juga dengan diabetes gestasional dapat membahaya si ibu dan janin yang dikandungnya. Jika tidak segera ditangani diabetes ini dapat meningkatkan keguguran hingga cacat lahir.

Sebenarnya risiko penyakit komplikasi pada diabetes dapat turun asalkan penderita mematuhi anjuran dari dokter, selain itu tidak ada salahnya jika diselingi mengonsumsi obat-obatan herbal.

Glucoscare Tea merupakan salah satu teh herbal yang dianjurkan bagi penderita diabetes, karena teh ini memiliki kemampuan untuk menghalangi penyerapan gula pada proses pencernaan, selain itu teh ini juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Komposisinya terdiri dari tanaman gymnema sylvestre dan camellia sinesis, dimana tanaman ini sudah digunakan sejak berabad-abad lamanya untuk mengobati diabetes. Teh herbal ini belinya disini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *