Cara Membuat Kue Tanpa Oven dan Mixer yang Mudah dan Praktis

Kegiatan membuat kue seringkali dipilih oleh para ibu rumah tangga. Hal ini sejalan dengan rutinitas harian para ibu yang memang dominan dengan aktivitas memasak. Membuat kue bisa menjadi mudah untuk Anda yang sudah mahir, namun lain halnya dengan Anda yang masih pemula. Terlebih Anda tidak memiliki peralatan membuat kue yang lengkap. Sehingga cara membuat kue tanpa oven dan mixer perlu Anda pahami.

Kue

Cara ini adalah cara terbaik bagi Anda yang masih belajar membuat kue. Lagi pula cara ini sangat efektif dibandingkan harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli peralatan membuat kue yang belum tentu Anda gunakan nantinya.

Berikut adalah trik yang perlu Anda perhatikan ketika menerapkan cara membuat kue tanpa oven dan mixer.

Minimalisir penggunaan telur

Telur menjadi salah satu bahan wajib dalam pembuatan kue karena telur akan membuat adonan lebih lembut. Hanya saja bukan berarti Anda bisa memakai telur secara berlebihan. Terlebih kali ini Anda membuat kue secara manual karena tanpa bantuan alat mixer atau oven.

Lebih dari itu ketika telur tidak dapat diaduk dengan maksimal maka kue yang dibuat menjadi beraroma telur, bahkan bisa saja kue menjadi amis. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan tahu sutera maupun chia seed pada adonan kue.

Manfaatkan bahan kue bersuhu ruang

Dalam proses pembuatan kue, umumnya Anda akan menunggu adonan mengembang. Nah, supaya adonan mengembang sempurna, sebaiknya Anda memanfaatkan bahan-bahan kue yang memiliki suhu ruang. Bahan-bahan tersebut mudah diaduk secara merata. Nilai tambahnya adalah, ketika adonan ini dimasukkan ke dalam pemanas maka adonan tidak akan rusak akibat suhu yang berbeda.

Jika adonan tidak bisa menyesuaikan dengan adanya perbedaan suhu, maka bukan tidak mungkin kue yang Anda buat bisa bantat atau mengempis. Untuk itu sebelum membuat kue upayakan untuk mengeluarkan bahan-bahan kue dari lemari es lalu biarkan hingga suhunya berubah menjadi suhu ruang.

Awali dengan melelehkan bahan padat

Tidak memiliki mixer bukan lantas membuat langkah Anda membuat kue terhenti begitu saja. Selama adonan bisa diaduk secara manual, kue yang lezat pun dapat dibuat. Agar lebih mudah mengaduk adonan atau bahan kue, Anda bisa melelehkan bahan kue yang bertekstur padat. Seperti coklat masak, mentega atau lainnya.

Gunakan baking powder double acting

Mengaduk adonan sampai rata menjadi salah satu langkah dalam membuat kue. Namun jika Anda tidak mempunyai spatula atau mixer, gunakan saja baking powder double acting. Baking powder jenis ini akan membuat adonan mudah mengembang sehingga resiko kue bantat dapat dihindari.

Siapkan wajan atau panci dengan suhu panas

Berhubung tidak memiliki oven, Anda bisa menyiasatinya dengan mengandalkan panci atau wajan. Namun pastikan panci atau wajan tersebut mempunyai suhu panas yang cukup. Mulai panaskan panci dengan api sedang kemudian tutup dan tunggu sampai airnya mendidih.

Jika sudah mendidih, Anda bisa memasukkan adonan ke dalam panci tersebut. Jangan lupa untuk mengecilkan api agar titik didih air tidak merusak tekstur kue.

Demikianlah cara membuat kue tanpa oven dan mixer yang perlu Anda terapkan saat membuat kue. Semua menjadi mudah asal Anda tahu cara dan triknya. Jadi jangan mogok belajar membuat kue hanya karena belum mempunyai oven atau mixer ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *